Lanjut ke konten

Mahasiswa UI Juara Dunia Sanitation App Challenge 2013 World Bank

Juli 26, 2013

UI sanitation apps challenge di indonesiaproud wordpress com
Lima mahasiswa yang tergabung dalam Tim SunSquare Studio jurusan Sistem informasi dan Ilmu Komputer angkatan 2011, Fakultas Ilmu Komputer UI (Fasilkom UI), mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional dengan berhasil meraih predikat Juara Dunia (Grandprize Winner) Sanitation App Challenge 2013, World Bank.

“Mahasiswa berhasil menjadi juara dunia setelah berhasil mengembangkan aplikasi bernama Sunclean App,” kata Farida Haryoko, Kepala Kantor Komunikasi UI,  di Kampus UI Depok (25/7).

Sunclean App merupakan aplikasi games karya SunSquare Studio yang beranggotakan Dimas Ramadhani, Luqman Sungkar, Riza Herzego Nida Fathan, Irfan Nur Afif, dan Mohammad Agung Nugroho.

“Mereka merupakan finalis termuda yang berhasil berkompetisi dengan para entrepreneur, computer enthusiasts dan rural community specialist dari berbagai belahan dunia,” kata Farida.

SunClean adalah aplikasi games yang mengajarkan anak-anak untuk membiasakan pola hidup bersih. SunClean terdiri dari dua mini game, yaitu Trash Disposal yang mengajarkan memisahkan sampah organik dan anorganik serta Hand Wash for Kids yang mengajarkan mencuci tangan dengan benar.

Sanitation App Challenge 2013 merupakan kompetisi membuat aplikasi guna mengatasi masalah sanitasi di dunia yang diselenggarakan oleh World Bank. Kompetisi ini dimulai dengan Sanitation Hackathon, yaitu membuat aplikasi selama 24 jam yang dilaksanakan di 14 kota di seluruh dunia termasuk di Jakarta pada 1-2 Desember 2012.

Selain SunSquare Studio, predikat GrandPrize juga diberikan kepada dua tim lainnya, yakni mSchool (tim dari negara Perancis dan Senegal) dengan karya Platform pengaduan infrastruktur kesehatan dan sanitasi dan Taarifa (tim dari negara Tanzania, Inggris, Amerika Serikat dan Uganda) dengan karya Platform pengaduan infrastruktur sanitasi opensource di Uganda.

Sumber: beritasatu.com (25/7/13)

6 Komentar leave one →
  1. desatmi permalink
    Juli 26, 2013 11:35 pm

    Reblogged this on Desatmi Mitra and commented:
    good job

  2. Juli 27, 2013 11:35 am

    Reblogged this on Epaulet Love and commented:
    Wow!!!! Akhirnya berita ini dipublish. Yeay!
    Selamat yaaaaa, teman-temanku!! Tetap menginspirasi 😀

  3. Juli 27, 2013 11:35 pm

    Reblogged this on Sepotong Episode Cahaya and commented:
    SunSquare Studio :”

  4. Juli 27, 2013 11:35 pm

    Reblogged this on A Day in Our Life and commented:
    Temen gw :”

  5. Juli 28, 2013 11:35 am

    Reblogged this on from flores with love and commented:
    Selamat, Congratulation…luar biasa …

  6. Juli 28, 2013 11:35 am

    Reblogged this on deana ♥~ and commented:
    Selamat teman-teman !! Semoga selalu menginspirasi 🙂

Tinggalkan komentar