Lanjut ke konten

Tim Big Bang ITB Menang di Image Cup 2009, Mesir

Oktober 31, 2009

tim big bang ITBSetelah kompetisi yang intens di antara para finalis yang terpilih lebih dari 300,000 pelajar dari lebih 100 negara dan wilayah, Microsoft Corp. mengumumkan pemenang Imagine Cup 2009. Tim Big Bang yang terdiri dari David Samuel, Dody Dharma, Dominikus Damas Putranto dan Samuel Simon dari Institut Teknologi Bandung mengharumkan nama Indonesia setelah meraih kemenangan di Image Cup di Kairo, Mesir pada 7 Juli 2009.

Imagine Cup merupakan kompetisi piranti lunak tingkat dunia yang diselenggarakan oleh  Microsoft.  Dengan total 444 pelajar dari 149 tim yang mewakili 70 negara dan wilayah berkompetisi di final dunia yang terbagi dalam 9 kategori: Software Design, Embedded Development, Game Development, IT Challenge, Robotics and Algorithm, MashUp, Photography, Short Film and Design. Sebagai tambahan dari kategori utama kompetisi, ada beberapa penghargaan (Achievement Awards) untuk tahun ini, yaitu: the Interoperability Award, Unlimited Potential Design for Development Award, Unlimited Potential MultiPoint Education Award, Accessibility Award, Accessible Design Award, Parallel Computing Award, Tablet Accessibility Award, Live Services Award, Windows Mobile Award, and the H.E. Mrs. Suzanne Mubarak Special Award

Tim Big Bang sukses meraih kemenangan dalam kategori Windows Mobile Award (Penghargaan ini diberikan guna menantang para pelajar untuk menggunakan Windows Mobile technology untuk memecahkan masalah-masalah dunia yang paling berat–challenges students to use Windows Mobile technology to solve the world’s toughest problems). Kemenangan diraih tim yang membawa aplikasi bernama MOSES (Malaria Observation System and Endemic Surveillance).

Aplikasi MOSES menggabungkan teknologi client runtime dengan aplikasi di PDA untuk melakukan diagnosa dan analisis terhadap pasien yang diduga terkena malaria secara cepat. Hal ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang berada di daerah terpencil agar dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara cepat dan tepat.

Solusi ini mengurangi waktu untuk mendiagnosa penyakit malaria di dalam tubuh pasien dengan menggunakan bantuan software. Data diagnosa mengenai pasien yang terjangkit penyakit malaria beserta lokasi keberadaannya ini dapat dipetakan dengan bantuan Microsoft Virtual Earth. Data ini dengan mudahnya dapat dibaca oleh yang bersangkutan, dalam hal ini adalah dokter untuk menganalisanya dan memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan oleh si pasien.

Salah satu yang menarik, Big Bang membuat tokoh digital (avatar) bernama Marceline yang akan membantu petugas kesehatan dalam diagnosa. Marceline akan bertanya pada pasien beberapa hal terkait malaria, kemudian jawaban pasien akan diolah dengan teknologi voice recognition.

3 Komentar leave one →
  1. Oktober 31, 2009 11:35 pm

    halo, senang bertemu Anda melalui blog ini saya Agus Suhanto, tulisan yang menarik 🙂
    salam kenal yee

    • November 1, 2009 11:35 am

      Halo Agus…senang juga berkenalan dg Anda. Kalo ada tulisan atau info yg menarik (juga masukan dan kritikan) tolong beritahu yach!

Trackbacks

  1. Tweets that mention Tim Big Bang ITB Menang di Image Cup 2009, Mesir « Indonesia Proud -- Topsy.com

Tinggalkan komentar