Lanjut ke konten

Indonesia Juara Umum 17th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2010, Bali

April 18, 2010

Indonesia berhasil menjadi juara umum pada Lomba Penelitian Ilmiah Remaja Tingkat Dunia ke-17 atau 17th International Conference of Young Scientists (ICYS) yang berlangsung di Denpasar Bali pada 12-17 April 2010.

Tim Indonesia yang berkompetisi pada semua bidang lomba, yakni Fisika, Matematika, Komputer, dan Ekologi meraih 7 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu serta 2 Special Award.

Sebagaimana disiarkan Pusat Informasi dan Humas Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), prestasi ini mengulang kesuksesan Indonesia pada ajang yang sama tahun 2009 lalu di Pszcyna, Polandia.

Tujuh medali emas tersebut masing-masing diraih Florencia Vanya  Vaniara (SMA Santa Laurencia Serpong, Banten)/Evelyn L.Wibowo dengan judul penelitian “Effect of Stem Cell and Mangosteen Peel Extact on Abnormal Cells”. Lalu, Muhammad Kautsar (SMAN 6 Yogyakarta)/Dian Sartika Sari/Dhicha Putri Maharani/Hidayu Permata Hardi dengan judul “Sweitenia Oil: The Use of Mahagony Seed os Bio-Oil Alternative and The Use of Production Waste as Electris Mosquito Repellent”, Oki Novendra (SMAN 1 Bogor) dengan penelitian berjudul “Mathematical Explaination on the Death of Michael Jackson.” Oki mengaku sangat gembira dengan prestasi itu. “Saya membuktikan mampu berprestasi di ajang internasional ini,” ujarnya.

Kemudian, Dwiky Rendra Graha  Subekti (SMA Theresiana 1 Semarang) dengan judul penelitian “Big Match: ‘ Suka Kelor’ Caramel vs Malnutrition”, Sonny Lazuardi N (SMAN 5  Bandung) dengan judul “Portable Protection Everywhere”, Miftah Yama Fauzan (SMAN 1 Sidoarjo) dengan judul “Development of Smart Electric Gun with Adaptive Bullet Speed”, dan Andreas Widi Purnomo (SMA Santa Laurensia  Serpong, Banten)/Aldo Vitus Wirawan dengan judul penelitian “Green Energy Source: Centripetal Water Turbine.”

Sedangkan medali perak diraih oleh Aria Dhanang Dewangga (SMAN 5 Bandung) dan medali perunggu masing-masing diraih oleh Dita Nurtjahya (SMA  Negeri  1 Sungailiat, Bangka Belitung), Fauqiah Tambunan (SMA Mutiara Bunda Bandung)/Bening Embun Pagi/Alan Suherman, dan Rizal Panji Islami (SMAN 3 Bandung)/Fahmi Maulana Ainul Yakin/Ikhsan Britama.

Tim Indonesia juga meraih best performance atas nama Dwiky Rendra Graha Subekti untuk bidang Environmental Sciences dan Ilham Naharudiansyah  (SMA Lab School Kebayoran, Jakarta)/Ardelia Djati Safira/Satria Putra Adhitama untuk bidang Basic Mathematics.

Adapun peringkat kedua diraih oleh tim Jerman dengan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 4 medali perunggu, sedangkan peringkat ketiga diraih oleh tim Rusia dengan 2 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu. Peringkat berikutnya berturut-turut ditempati Belanda, Belarusia, dan Polandia masing-masing meraih satu medali emas.

“Ini prestasi maksimal yang kita raih dalam 5 tahun terakhir,” kata Tim Leader Indonesia Monica Raharti saat acara penutupan dan penyerahan medali yang dilakukan di Hotel Grand Bali Beach Sanur, 16 April 2010.

Koordinator Panitia Suharlan, menyebut pelaksanaan yang baru pertama kalinya di Asia ini mendapat pujian dari Presiden ICYS Zsuzsanna Rajkowits. “Beliau terkesan dengan kerapian acara dan keramahan kita,” ujarnya.

ICYS adalah kegiatan ilmiah yang diprakarasai oleh Eotvos Lorand University, Budapest Hungaria dan Belarussian State Univeristy Minks, Belarusia. Acara ini sudah berlangsung sejak tahun 1994 dan diikuti oleh negara-negara Eropa, Amerika, Afrika dan Asia.

ICYS ke-17 diikuti oleh sebanyak 19 negara. Sebanyak 13 negara  menjadi peserta dan enam negara sebagai observer. Adapun negara  peserta adalah Belarusia, Brazil, Kroasia, Jerman, Georgia, Hongaria,  Indonesia, Belanda, Polandia, Rumania, Rusia, Turki, dan Ukraina,  sedangkan negara observer adalah Iran, Inggris, Thailand, Nigeria,  Laos, dan Kamboja.

Sumber: Pikiran Rakyat, TEMPOinteraktif, Depdiknas, SuryaInstitute

http://www.youtube.com/watch?v=0qXu9hO177c

9 Komentar leave one →
  1. April 18, 2010 11:35 pm

    MEMBANGGAKAN

    Tapi kenapa pemimpin negeri ini lebih percaya kepada teknologi bule?

  2. April 18, 2010 11:35 pm

    Indonesia negeri yang kaya. Coba kita bandingkan, dari seluruh negara yang ada di dunia ini, apakah ada negara yang seplural Indonesia? dari suku, bahasa, adat dan masih banyak lagi. Pluralisme ini bisa jadi strength point juga bisa jadi weakness. Akan menjadi weakness, manakala kemudian pluralisme ini dijadikan isu untuk memecah belah, dan sudah banyak catatan kelam mengenai hal ini. Pada saat ini, banyak generasi muda yang mungkin sudah mulai luntur semangat nasionalismenya. Seperti tidak bangga menjadi Bangsa Indonesia. Dalam berbagai anekdot, saya mengamati, Indonesia seperti dijadikan sebagai bangsa atau negeri pecundang. Padahal Indonesia adalah sebuah bangsa yang besar dan saya bangga menjadi bagian dari Indonesia. Hal lain yang begitu melunturkan kecintaan akan Indonesia adalah kabar yang berhembus kencang yang kemudian menyulut gejolak saat ini adalah masalah korupsi di Indonesia, hal ini seakan membuat malu untuk mengaku diri sebagai bagian dari Indonesia. Saya suka semboyan orang Inggris, mereka bilang Right or Wrong is My Country, mengapa kita nggak berani mengatakan hal yang sama?

  3. Ardian Fahreza permalink
    April 19, 2010 11:35 am

    indonesia memang hebat

  4. April 20, 2010 11:35 am

    izin copas ya utk web http://www.mitimahasiswa.com

  5. Hihu permalink
    April 22, 2010 11:35 am

    Mudah2an hasil yang kita raih bukan hanya sebagai simbolis untuk kebanggaan dan euforia semata, namun juga dijadikan implementasi nyata bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan dunia…amin

  6. November 25, 2016 11:35 pm

    Sip deh, saya baru baca ulasan yang ini, hahahaha; turut bersukacita, soalnya bikin acara seperti itu pasti susah setengah mati apalagi pertama kali di luar eropa dengan observer paling banyak, baru sadar saya kalau ada ulasan tentang event ini, saya bangga bacanya: maju terus ya, Indonesia!

  7. November 25, 2016 11:35 pm

    Sip deh, saya baru baca ulasan yang ini, hahahaha; turut bersukacita, soalnya bikin acara seperti itu pasti susah setengah mati apalagi pertama kali di luar eropa dengan observer paling banyak, baru sadar saya kalau ada ulasan tentang event ini, saya bangga bacanya: maju terus ya, Indonesia!

Trackbacks

  1. Tweets that mention Indonesia Juara Umum 17th International Conference of Young Scientists (ICYS) 2010, Bali « Indonesia Proud -- Topsy.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: