Lanjut ke konten

Paduan Suara Undip Raih Grand Champion di 1st Vietnam International Choir Festival

Maret 22, 2011

Tim paduan suara dari Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil meraih gelar juara umum (grand champion) dengan merebut 3 medali emas dan 1 perak pada 1st Vietnam International Choir Festival, yang berlangsung pada 16–19 Maret 2011 di Hoai An, Vietnam.

Ketiga medali emas tersebut untuk kategori folklore, female, dan mid choir. Medali perak untuk kategori sacred music. Setyo Watjono dan Jefry Franklin Bode adalah konduktor untuk tim paduan suara Undip.

Sementara tim Indonesia yang lain, Gita Swara Nassa dari Sekolah Nasional I Bekasi berhasil merebut medali emas untuk kategori anak. Mohammad Charles dan Wina Ardiana menjadi konduktor Gita Swara.

Keberhasilan 2 tim paduan suara Indonesia di pentas internasional ini sangat membanggakan, mengingat keikut sertaan mereka di ajang 1st Vietnam International Choir Festival, merupakan pengalaman internasional pertama mereka.

1st Vietnam International Choir Festival diikuti oleh 31 tim paduan suara dari 8 negara. Estonia. Hongkong dan Srilangka, masing-masing mengirim 1 tim. Singapura, 2 tim. Malaysia, 3 tim. Vietnam, 6 tim. Filipina, 7 tim. Indonesia, 10 tim.

Tim Paduan Suara Undip di Bandara Tan Son Nhat

10 tim paduan suara dari Indonesia tersebut, yaitu ACS Jakarta Youth Choir (16 orang), Binus Singers Club, Jakarta (14 orang), Diponegoro University Choir, Semarang (45 orang), Gita Swara Nassa-School of National I Bekasi (43 orang), Lampung University, Methodist 1 Youth Choir, Medan (51 orang), Talaud Serafim Choir, Melonguane (19 orang), The London School of Public Relations, Jakarta (32 orang), Vajra Gita Nusantara Choir, Jakarta (42 orang), dan Voice Art, Tangerang (23 orang).

Adapun perolehan medali dan tim Indonesia adalah sebagai berikut.

Emas Jumlah Perak Jumlah
1. Undip 3 1. Vajra Gita Nusantara 2
2. Talaud Serafim 1 2. Undip 1
3. Gita Swara 1 3. ACS Jakarta 2
4. The London School 1 4. Methodist 1 Youth 1
5. Voice Art 1

Tim paduan suara Gita Swara, pada 21 Maret 2011 berkunjung ke KJRI Ho Chi Minh City (HCMC) untuk berbagi informasi sebelum malam harinya kembali ke Indonesia dengan menggunakan penerbangan Air Asia. Rombongan di terima oleh Kepala Fungsi Ekonomi, Dalton Sembiring  didampingi Kepala Fungsi Protkons, Alimudin Pohan.

Tim Paduan Suara Gita Swara di depan KJRI

Konduktor yang juga juru bicara Gita Swara, Charles menyampaikan sangat bangga saat Merah Putih berkibar dan Indonesia Raya berkumandang diacara penyerahan penghargaan kerena keberhasilan Undip dan Gita Swara. Sebelum meninggalkan KJRI HCMC, tim Gita Swara memberikan hadiah yang sangat indah dan berkesan, menyanyikan Indonesia Pusaka dan Manuk Dadali.

KJRI HCMC memberikan dukungan penuh kepada tim Indonesia yang mengikuti festival. Tidak hanya saat transit, namun juga saat dimana seorang anggota tim Undip harus dirawat di rumah sakit di kota Da Nang. Kepala Fungsi Pensosbud, Wuri Handayani berangkat untuk menyatakan dukungan KJRI HCMC.

Sumber: Deplu (KJRI Ho Chi Minh City & Hanoi)

9 Komentar leave one →
  1. paduan suara nassa permalink
    Maret 23, 2011 11:35 pm

    Waaaah…Bangga bangeeet bisa disebarluaskan. Semoga ini bukan jadi yang terakhir untuk terus mengibarkan bendera merah putih di negara lain, khususnya pada bidang choir.

    • Maret 24, 2011 11:35 am

      iProud juga bangga atas prestasi yg PS Gita Swara Nassa torehkan. Sebagai apresiasi, iProud sebarkan prestasi tsb lewat blog ini.
      Semoga tulisan ini semakin membuat Nassa termotivasi utk terus berprestasi. Salam bangga!

  2. andry girsang permalink
    Maret 26, 2011 11:35 pm

    Saya mengucapkan selamat kepada tim yang telah membawa harum nama bangsa.. bangga rasanya..
    Kepada penulis, harap diperiksa lagi…Kalau tidak salah ada tim lain juga dari Indonesia yang juga menyumbangkan emas.. tolang diperiksa dari sumber yang pasti dan ter-uptodate.

    Bravo Indonesia.. Mari membanggakan bangsa dengan cara yang kita bisa.
    Jangan hanya komentar ataupun protes, tapi sekarang adalah waktunya pembuktian.

    • Maret 28, 2011 11:35 am

      Sumber tulisan sudah dicantumkan di akhir tulisan. Kalau Andry Girsang punya info yg lebih lengkap tolong diberi tahu.
      Mungkin Andry meliput langsung kejadian atau bagian dari tim yg ke sana? Sekali lagi, mohon infonya.

  3. tasya ganesha permalink
    April 1, 2011 11:35 am

    Sumpah gan keren banget.

  4. Juni 17, 2011 11:35 am

    Jadi pengen. 😦

  5. petra permalink
    Oktober 19, 2011 11:35 pm

    Selamat buat PS Undip . 😀

    – ps. methodist 1 youth choir –

  6. Desember 18, 2011 11:35 am

    Waduh, kok baru baca haha … jadi teringat masa2 jungkir balik bersama Gita Swara Nassa dan orangtua panitia. Alhamdulillah kerja keras terbayar sudah … terima kasih untuk tulisannya.

Tinggalkan komentar