Skip to content

Rafi Ridwan: Desainer Tuna Rungu Belia yang Disanjung Tyra Banks

Februari 21, 2014

rafi ridwan di indonesiaproud wordpress comKeterbatasan alat indera tidak menghalangi Rafi Abdurrahman Ridwan (11 tahun) untuk berkarya dan berprestasi. Lewat rancangan busananya, nama Rafi melambung di luar negeri. Bahkan super model Amerika Serikat, Tyra Banks memuji Rafi saat perhelatan final America’s Next Top Model di Bali beberapa bulan lalu.

“So, this is Rafi. Rafi is from Jakarta. Rafi is a prodigy. At 9 years old, he had his first collection fashion week, here in indonesia. And now he is 11. Rafi is also deaf, yes. And is an amazing prodigy,” ujar Tyra Banks saat memperkenalkan Rafi kepada para finalis. Sebanyak 14 Baju karya Rafi memang dirancang khusus untuk sesi pemotretan event tersebut.

“Bajunya Rafi secara ofisial hanya dipakai 7 (pasang),” kata ibunda Rafi, Shinta Ayu Handayani yang juga bertindak sebagai interpreter bagi Rafi.

Shinta begitu terkejut saat pertama kali dihubungi manajemen Tyra Banks. Rasa tak percayanya makin bertambah saat tahu Tyra Banks meminta karya Rafi menjadi wadrobe acara tersebut. “Kakinya rasanya mau copot, ini beneran Tyra Banks?” ujar Shinta.

Rafi diminta membuat 14 baju hanya hitungan tiga minggu dengan warna yang didominasi hijau. Rafi sempat bingung dengan permintaan warna itu. Karena sesi pemotretan berada di hamparan sawah yang justru berwarna senada dengan permintaan Tyra.

Awalnya Shinta merasa tak yakin bakal bisa memenuhi permintaan itu. Bukan hanya takut Rafi bakal kewalahan, Shinta juga khawatir karena belum memiliki tukang jahit yang profesional.

Namun ketakutan itu sirna karena tawaran ini merupakan kesempatan langka bagi Rafi yang memang bercita-cita sebagai desainer papan atas. Akhirnya Rafi pun bisa menyelesaikan pekerjaannya.

Jalan Karier

rafi a ridwan di indonesiaproud wordpress comJalan Rafi merintis karier di dunia desain mulai mekar sejak tampil di The Jakarta Fashion Week 2012. Di ajang prestisius itu, Rafi mementaskan 24 karya dan mendapat sambutan yang sangat luar biasa.

Sejak itulah Tyra Banks terus memantau prestasi Rafi. Tyra ingin tahu apakah siswa kelas 5 SD LB (Sekolah Dasar Luar Biasa) di Cipete ini memang produktif dalam menciptakan desain baju atau hanya berdasarkan mood.

Rafi juga pernah diajak oleh Dinas Pariwisata Pemprov DKI ke Melbourne. Lalu ada Hijabersmom Community – Lovely Moment for Lovely Kidsby Hijabersmom hingga Indonesia Creative Week.

Luar biasanya kisah Rafi sebenarnya tak hanya dilihat dari usianya yang terbilang masih belia. Namun sesungguhnya Rafi adalah seorang tuna rungu sejak lahir. Setengah perjalanan hidupnya dijalani dengan bolak-balik ke rumah sakit karena berbagai gangguan kesehatan.

“Saya bersyukur dapat kesempatan ini. Apa yang dilakukan Rafi menjadi bukti jika ketika diberi kesempatan, orang seperti Rafi pun bisa melakukan hal yang tidak kalah dibanding orang normal,” ujar Shinta bangga.

Sumber: news.detik.com (18/12/13)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: