Lanjut ke konten

Randy Ryan Juarai ASA-BIMA International Piano Competition

Juli 16, 2012

randy ryan di indonesiaproud wordpress comRandy Ryan, pemuda kelahiran 9 Juni 1995 di Jakarta, berhasil  menempati peringat pertama di ASA-BIMA International Piano Competition yang diadakan di Bandung, 9-14 Juli lalu.

“Kompetisi ini hasil kerja sama Ananda Sukarlan Award (yang telah diselenggarakan dua kali secara nasional),” kata Chendra Panatan, Ketua Penyelenggara ASA-BIMA International Piano.

Sebanyak 122 pianis berusia di bawah 26 tahun telah bertanding dalam ajang Bandung International Music Academy ini.

Randy yang juga pemenang International Competition for Young Pianist di Enschede, Belanda, dua tahun lalu merebut hadiah I yang berjumlah Rp 20 juta.

Dalam upacara penyerahan hadiah, Randy menerima piala bergilir yang diserahkan oleh juara Ananda Sukarlan Award 2010, Edith Widayani yang juga menjadi juri selama sepekan kompetisi ini.

Selain Ananda dan Edith, sejumlah pianis terkemuka juga menjadi juara seperti Andrew Ma Cong (Hongkong), Albert Tiu (Filipina), Dr Nicholas Ong (Malaysia), Iswargia Sudarno (Indonesia).

Randy telah memainkankan karya-karya besar Bach, Beethoven, Prokofiev, dan Rapsodia Nusantara Nomor 5 karya Ananda Sukarlan.

Sementara juara kedua kali ini dinyatakan ditiadakan, karena jarak nilai Randy dengan pemenang berikutnya cukup jauh.

Juara ketiga dimenangkan oleh dua pianis, yaitu Janice Wijaya dan Ade Satrio Prastyanto.  Sedangkan penghargaan untuk interpretasi terbaik musik Indonesia dimenangkan oleh Melivia Citravani Raharjo dari Surabaya, Jawa Timur.

Dalam kategori Junior dan Elementary (di bawah 16 dan 11 tahun) di kompetisi ini, muncul sebagai pemenang adalah Aloysius Kevin Trisna (kelahiran Kudus, Jawa Tengah, 1999), dan pemenang Elementary adalah Brahms Mulyawan (Surabaya, 2003).

Sumber: kompas.com

No comments yet

Tinggalkan komentar