Skip to content

Rick Hanes: Gitar Made in Sidoarjo yang Meraih Gelar “Guitar of The Year 2012”

Januari 12, 2013

gitar rick hanes di indonesiaproud wordpress com

Kalau anda penggemar gitar atau seorang gitaris, gitar merek apa yang anda pakai? Apakah anda masih suka dan bangga memakai gitar buatan luar negeri, seperti Gibson, Fender, atau Ibanez? Jika ya, coba anda pikirkan lagi.

Salah satu produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bidang alat musik gitar di Indonesia sudah diakui oleh dunia musik maupun industri pembuat gitar internasional.

Alat musik petik buatan anak bangsa ini baru sekitar 8 bulan beroperasi dan langsung diterima dengan terbuka oleh pasar industri musik Amerika Serikat (AS). Bahkan, belakangan, gitar yang bermerek Rick Hanes sukses menyabet 4 gelar dengan predikat ‘Guitar of The Year 2012′ seperti yang dirilis oleh www.guitar-planet.co.uk .

Rick Hanes berhasil menyisihkan gitar merek Gibson, Fender, dan Ibanez yang lebih dahulu dikenal di dunia.

chris bickley dg gitar rick hanes di indonesiaproud wordpress comDoddy Hernanto, VP Artist Relationship and Business Development Rick Hanes,  menyatakan bahwa gitar yang diproduksi 5 seri tersebut fokus mengincar pasar Amerika dan Eropa sehingga penghargaan ini merupakan kebanggaan tim produksi Rick Harnes. Ditegaskan, dalam memproyeksi pasar, gitar tersebut dibandrol sekira US$ 1.250 atau setara dengan Rp 12,5 juta.

“Harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan gitar lama yang sudah dikatakan melegenda. Tapi kami berani menjamin kualitas dan kuantitas gitar ini lebih baik dari gitar yang sudah ada sebelumnya. Sebab, kami mendesain ini dengan serius dan cukup hati-hati,” ujar Doddy yang akrab disapa Mr D.

Sejauh ini, pihaknya masih berusaha untuk terus mengembangkan perusahaan, yang tentunya optimistis mampu menggeser pesaing industri gitar asing yang banyak dipakai masyarakat Indonesia.
Tiga gitar yang berhasil menggeser kedudukan gitar terbaik di dunia tersebut yakni, Rick Hanes Chris Bickley DR Pro (atas), Rick Hanes Avenix (tengah), dan Rick Hanes DR Medium (bawah) dan Artist Signature Category pada gitar Rick Hanes Chris Bickley DR Pro.

Mr D menegaskan bahwa gitar yang diproduksi di kawasan Tambak Sawah Sidoarjo Jatim tersebut adalah murni buatan tangan masyarakat lokal di Indonesia khususnya Jatim.

Dalam waktu dekat, Rick Hanes juga bakal meluncurkan produk baru yang memiliki kualitas sama namun dengan harga lebih terjangkau.

“Gitar tersebut dari segi desain dan strukturnya tak menjiplak maupun melakukan plagiat dari produk gitar yang sudah tersebar di berbagai pasar musik Indonesia. Ini murni buatan sendiri, dari ide hingga ke strategi pasarnya,” pungkasnya.

Sumber: lensaindonesia.com

9 Komentar leave one →
  1. Januari 14, 2013 11:35 pm

    Tak berlebihan memang. Bahkan, menurut Mr. D, gitar hasil kreasi anak bangsa itu mendapat apresiasi positif banyak kalangan luar, termasuk dari pemimpin redaksi majalah Guitar World. Ia mengakui ada tawaran menarik dari pihak luar soal produksi gitar tersebut, namun hal itu tak membuat dirinya tergiur.

  2. Ida Norotafia permalink
    Januari 28, 2013 11:35 am

    ni d tambak sawah Sidoarjo mana alamatnya ya Om?

  3. trio permalink
    Februari 19, 2013 11:35 pm

    Kalau di tambak sawah ni,, harganya sekitar berapa bang??

  4. Bambang priyo pranjono permalink
    Maret 23, 2013 11:35 am

    Maju terus dan kembangkan musik indonesia , khususnya gitar dan saya harap musisi indonesia mau memakai gitar rick hanez ……

  5. setiawan kusnadi permalink
    Juni 16, 2013 11:35 am

    kalau boleh tahu, kisaran berapa harga gitar2 rick hanes yah ???? hehehe

  6. Juni 21, 2013 11:35 am

    Sayangnya merknya masih nama asing, coba di beri nama Suharno, atau sitompul, selamet dan lain lain, makin meng Indonesia sepertinya….

  7. Agustus 21, 2013 11:35 am

    nama Rick Hanes kan diambil dr nama anak dr ownernya Rick Hanes, yakni Patrick Yohanes, jd ya wajar2 saja mas kalo orang tua mewariskan nama anaknya pada bisnis yang digeluti

Trackbacks

  1. Gitar Made in Indonesia yang meraih gelar “Guitar of The Year 2012” | Info Gitar Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: